Rabu, 19 Oktober 2011

Kali ini saya ingin memposting sebuah artikel yang berhubungan dengan grafik dari sebuah komputer. Dimulai dari desain pemodelan grafik, gambar bitmap, sampai gambar vektor. Untuk lebih mengetahui lebih dalam mari kita lihat artikel dibawah ini...

DESAIN PEMODELAN GRAFIK

Desain permodelan grafik berkaitan dengan grafik computer. Pemodelan adalah proses membentuk suatu obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer.

Berikut adalah kegiatan yang berkaitan dengan grafik komputer:

1.Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.

2.Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah

dibentuk.

3.Animasi : menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior

objek bergantung waktu.


Kerangka Grafik Komputer :

- Application model : citra (gambar)

- Application program : c, c++, pelles c, photoshop, dsb

- Graphic Library (GL) : open GL

- Graphic system : VGA (graphic adapter)

- Komputer : Komponen dasar komputer (input, proses, output)

- Pemodelan Geometris

Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa

ditampilkan pada suatu komputer :

– Shape/bentuk

– Posisi

– Orientasi (cara pandang)

– Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna,tekstur)

– Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)

– Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)

– Dan lain-lain …

Pemodelan Geometris yang lebih rumit :

– Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu

sama lain.

– Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.

– CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang

primitif.

http://vidiex.ngeblogs.com/2010/03/03/desagn-pemodelan-grafik/

Gambar Bitmap

Gambar bitmap merupakan resolution dependent.Kualitas gambar bitmap sangat bergantung pada banyaknya titik atau pixel yang membentuk gambar atau yang disebut dengan resolusi.Semakin tinggi resolusi,gambar yang akan dihasilkan akan semakin tinggi,baik detail maupun kekayaan warnanya.ukuran yang dipakai dalam penentuan resolusi adalah dpi (dot per inch) atau ppi (pixel per inch) Besar kecilnya resolusi pada gambar bitmap untuk mengejar kualitas gambar berimplikasi pada besar kecilnya ukuran file.Anda dapat melihat,bahwa gambar dengan ukuran sama dengan resolusi yang berbeda.Gambar dengan resolusi rendah akan lebih kecil ukuran filenya dibandingkan dengan gambar dengan resolusi tinggi.Perbedaan ukuran file pada gambar bitmap hampir 2 kali atau lebih dari gambar vektor.

Melihat beberapa kelemahan itu bukan berarti gambar bitmap tidak mempunyai kelebihan.Dari segi detail,gambar bitmap mampu merepresentasikan gambar secara riil dan sempurna,contohnya hasil foto foto digital.Karena itu,aplikasi aplikasi yang menghasilkan gambar bitmap sangat cocok untuk pengolahan gambar gambar digital,seperti foto digital.Bentuk pengolahan tersebut berupa penyesuaian warna (color adjustment),manipulasi foto,dan membuat foto foto berefek khusus atau yang terkenal dengan istilah digital imaging.

Aplikasi aplikasi grafis yang berbasis bitmap di antaranya :
• Adobe Photoshop
• Corel Photopaint
• Jasc Paint Shop Pro
• Micrografx Picture Publisher
• Ulead PhotoImpact
• Microsoft Paint

Format yang digunakan pada gambar bitmap antara lain :
• BMP
• GIF
• JPEG/JPG
• PNG
• PICT (macintosh)
• PCX
• TIFF
• PSD (Adobe Photoshop)

http://www.facebook.com/topic.php?uid=146525192823&topic=10805


Gambar Vektor

Gambar dibuat melalui garis,kurva dan bidang secara individual yang didefinisikan secara matematik,yaitu berupa fill dan stroke. Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi.Saat gambar vektor diimport oleh aplikasi lain,seperti di Adobe Photoshop sendiri,pada gambar vektor tidak terdapat warna background. Gambar bitmap memiliki bidang persegi berwarna putih background yang mengelilingi gambar,sedang gambar vektor tidak. Kelemahan gambar vektor adalah kemampuannya dalam merepresntasikan gambar secara realitis seperti pada foto. Detail yang dihasilkan masih kalah jauh dibanding dengan gambar bitmap.

Aplikasi aplikasi grafis yang berbasis vektor di antaranya :
• Adobe Ilustrator
• Macromedia Freehand
• CorelDraw
• Xara
• Serif DrawPlus
• HarvardDraw

Format yang digunakan pada gambar vektor antara lain :
• Ai(Adobe Ilustrator)
• CDR (Corel Draw)
• CMX (Corel Exchange)
• CGM Computer Graphics Metafile
• DRW (Micrografx Draw)
• DXF AutoCAD
• WMF Window Metafile.

Kemudian bagaimana cara merubah gambar Bitmap ke Vektor?

RasterVect Free Edition merupakan sebuah aplikasi yang dapat mengubah gambar bitmap ke gambar vektor dalam berbagai format. RasterVect Free Edition cukup mudah digunakan hanya dengan satu kali klik maka gambar bitmap anda langsung di konversi ke gambar vektor. Alat ini juga di sertai dengan fitur lainnya seperti drawing, masking, screen capture,dll.

http://www.kasurkotor.com/2010/06/mengubah-gambar-bitmap-ke-vektor-dengan.html

Cara merubah gambar Vektor ke Bitmap

1st solution (manual tracing) :

-Gunakan inkscape / coreldraw / GIMP

-Lakukan penggarisan ulang dengan menggunakan tools “pen” or etc tergantung program, nanti

hasil dari seleksi pilih trace

-Simpan format sesuai keinginan kita sendiri

2nd solution (instant program) :

-Pilih bitmap pada menubar, kemudian pilih Trace Bitmap

-Pilih salah satu tipe pada pilihan type

-Atur sesuai settingannya

-Simpan

http://greenbel.wordpress.com/2011/10/09/grafik-berubah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar